Cara Menulis Rilis Berita yang Persuasif

 Suara Anda adalah salah satu alat paling ampuh yang Anda miliki dan menggunakan media adalah cara yang bagus untuk membuat suara Anda didengar. Generator publisitas gratis yang paling menguntungkan dan sering diabaikan adalah rilis berita. Rilis berita adalah ringkasan tertulis singkat yang memperingatkan media lokal tentang berita dan aktivitas bisnis Anda. Rilis berita tidak hanya alat pemasaran yang hebat tetapi juga jauh lebih kredibel dan dapat dipercaya daripada iklan karena tampaknya berasal dari pihak ketiga yang objektif.

Berita Pekanbaru

Jadi, apa yang membuat cerita bagus? Meskipun jawaban atas pertanyaan subjektif semacam itu bisa jadi sulit, berikut adalah beberapa petunjuk untuk memandu Anda dalam menulis rilis berita.


Jadilah Luar Biasa


Wartawan menyukai cerita yang terkait dengan peristiwa atau masalah terkini, atau yang memiliki daya tarik emosional. Sebuah rilis berita harus memberikan informasi yang cukup untuk membangkitkan minat tetapi hanya cukup untuk mendorong mereka agar ingin tahu lebih banyak. Dengan demikian, masuk akal jika mereka harus memberikan informasi kontak yang baik jika mereka ingin menindaklanjuti. Anda akan takjub mengetahui berapa banyak rilis berita yang gagal menyebutkan hal-hal yang paling sederhana sekalipun, seperti nomor telepon atau nama kontak.


Lebih penting lagi, rilis berita Anda harus tanpa iklan yang jelas-jelas tidak jelas atau terang-terangan. Anda perlu menulisnya untuk dibaca seperti berita karena reporter berita akan menggunakannya. Lihatlah dari sudut pandang reporter. Dengan kata lain, tuliskan cerita untuk mereka.


Apa yang bisa dilakukan rilis berita? Mereka dapat mengumumkan perubahan penting perusahaan, rekrutmen baru atau janji temu dalam organisasi, produk atau layanan yang baru atau akan segera diluncurkan, dan sebagainya. Ada lebih banyak cara rilis baru dapat digunakan, termasuk branding identitas atau mendahului publisitas negatif. Jika Anda tidak memiliki berita sulit, Anda dapat membuatnya. Misalnya, jika organisasi nasional mengumumkan fakta yang relevan dengan bisnis Anda, Anda dapat membuat cerita yang bagus dengan meminta tanggapan pakar lokal. Singkatnya, ini bisa menjadi sesuatu yang baru -- oleh karena itu, kata "rilis berita" lebih disukai daripada "rilis pers".


Jadi diri sendiri


Menjadi yang pertama dalam beberapa hal adalah alat yang efektif yang juga dapat membantu memicu lebih banyak minat pada rilis berita Anda. Jika Anda dapat mendukung fakta bahwa perusahaan Anda adalah yang pertama menyediakan produk atau layanan tertentu, bahwa produk atau layanan Anda adalah yang pertama dalam kategorinya, bahwa Anda yang pertama menyediakan produk atau layanan biasa dengan cara yang unik, atau bahwa acara Anda adalah yang pertama atau terbesar dalam kategorinya, Anda dapat dan harus menggunakan informasi tersebut dalam rilis berita Anda.


Sebuah perusahaan yang mengaku sebagai yang terbaik tentu bukan sebuah berita. Tetapi perusahaan yang mengklaim sebagai yang pertama dalam beberapa hal adalah. Manfaatkan kepemimpinan itu ketika mendekati media. Cobalah untuk menjual cerita Anda dengan cara yang berbeda, mungkin dengan sudut atau twist yang baru. Menambahkan pengalaman unik Anda, bahkan memadukan cerita Anda dengan item atau masalah berita terkini, akan meningkatkan peluang Anda.


Misalnya, seseorang mengirimkan rilis berita di mana dia mengumumkan pembukaan perusahaan barunya. Kedengarannya seperti cerita sepele? Bukan jika orang itu menderita cacat. Dengan kata lain, bawa sudut unik Anda ke dalam rilis berita Anda. Berikan kesan manusiawi. Kuncinya adalah untuk menangkap minat reporter. Itu harus menarik baginya dan bukan hanya pasar.


Seperti banyak hal dalam hidup, waktu sangat penting saat mengirim rilis berita Anda. Tiga hingga lima hari sebelumnya biasanya merupakan waktu yang tepat untuk memastikan editor dapat memasukkan seseorang ke dalam cerita Anda. Mengirim rilis terlalu dini sama buruknya dengan mengirimkannya terlambat - itu akan dikesampingkan dan dilupakan. Tenggat waktu bervariasi tergantung pada jenis media, jadi pastikan dan periksa terlebih dahulu.


Jadilah Khas


Ingatlah bahwa media mendapatkan ribuan rilis setiap hari. Jadi menjadi unik atau memiliki cerita unik untuk diceritakan adalah hal yang sering menarik perhatian. Misalnya, jika rilis Anda adalah tentang suatu peristiwa, lalu seberapa berbeda, unik, atau istimewanya acara Anda jika dibandingkan dengan yang lain? Pikirkan seperti ini: Jika Anda seorang reporter dan memiliki kebebasan di tangan Anda sementara pada saat yang sama ada cerita menarik lainnya yang dapat Anda laporkan, apa yang akan menyebabkan Anda memilih cerita Anda di atas yang lain? Jawabannya adalah dengan menjadi berbeda.


Ditargetkan


Terakhir, menargetkan media sama pentingnya dengan menargetkan pasar Anda. Penulis fitur khusus, kolumnis, pembawa acara radio, publikasi minat khusus, dan program khusus sangat bermanfaat karena dua alasan.


Pertama, menargetkan rilis Anda ke reporter, pembawa berita, atau program tertentu (bukan ruang redaksi atau entitas media) meningkatkan peluang Anda. Meskipun mungkin memerlukan sedikit penyelidikan, ingatlah bahwa media terdiri dari orang-orang. Mereka menyukai pendekatan yang dipersonalisasi seperti halnya klien Anda.


Kedua, menargetkan rilis berita Anda lebih efektif untuk tujuan pemasaran karena akan dilaporkan dalam media yang melayani target pasar spesifik Anda. Tanyakan: "Di mana niche atau target pasar saya? Publikasi apa yang mereka baca? Acara apa yang mereka tonton? Program radio apa yang mereka sukai?" Rasio hit Anda akan meningkat secara proporsional.


Media suka melaporkan cerita yang menginformasikan atau memengaruhi audiens spesifik mereka. Dan jika audiens itu cocok dengan audiens Anda, Anda akan tahu bahwa cerita Anda akan diperhatikan oleh orang-orang yang berada dalam posisi yang lebih memenuhi syarat untuk membeli dari Anda. Semakin fokus Anda, semakin besar hasil yang akan Anda capai.

Komentar

Postingan Populer